Email Kami

hasa.lawfirm@gmail.com

Jam Operasional

Mon - Fri : 09.00 - 17.00

021 8552 9085

PENTINGNYA KESADARAN HUKUM

Hukum itu sendiri seperti halnya norma agama. Dimana hukum dalam artian umum merupakan sistm yang dengan sadar dibuat oleh manusia dalam rangka membatasi gerak-gerik meraka sendiri serta dapat terkontrol. Banyak yang menafsirkan bahwa hukum merupakan aspek penting dalam suatu negara untuk melakukan penanggulangan pencideraan idologi, kesatuan dan ketentraman negara.

Masyarakat sebagai kontrol sosial pun harus taat pada hukum yang berlak. Hukum mempunyai kehendak untuk melakukan jaminan terdapat kepastian hukum dalam masyarakat. Begitulah hukum berdasarkan subtansi dan hakikat semestinya, karena harusnya hukum tersebut dapat menjadi kontrol maupun pembatas dalam pelaksanaan kekuasaan.

Hukum sendiri dibuat oleh lembaga yang berwenang untuk membuatnya, dimana pada prosesnya dimulai dari perumusan, pengesahan, penyampaian dan baru kemudian dilaksanakan. Hukum juga merupakan peraturan atau norma tertinggi yang bersifat tegas dan mengikat, yang mana disetiap pelanggarannya ada sanksi yang berlaku. Akan tetapi dalam pelaksanaannya mengapa justru banyak pelanggar hukum itu berasal dari kalangan orang-orang pembuat hukum, pelaksana hukum dan penegak hukum. Milu pada realitasnya.

Legislatif, Eksekutif dan Yudikatif khususnya di Indonesia. Apa yang salah sebenarnya? Apakah kurang sosialisasi? Bukankah mereka aktor-aktor perumusnya? Hal ini kemudian yang menjadi perhatian kita sebagai warga negara bukan abdi negara. Sebagai masyarakat yang berlaku sebagai social control harus memberikan ketegasan kembali kepada pebentukan hukum yang semakin rancu dan beranak. Terdapat banyak pasal di dalam bab, ada banyak ayat di dalam pasal dan ada pengulangan pembahasan di pasal lain dan seterusnya.

Chat Via Whatsapp